19 Hari direndam Air Banjir, Banyak Warga Kalimantan Selatan mengeluh Penyakit Kulit di Pelayanan Kesehatan Gratis Asar Humanity

Pelayanan Kesehatan Kalimantan Selatan

Aviation, Kalimantan Selatan – Kudis/kurap selalu menjadi penyakit kulit yang paling sering ditemui pada penyintas bencana banjir, terlebih dengan para penyintas banjir yang terjadi di Kalimantan Selatan ini, hingga saat ini sudah lebih dari 19 hari mereka terendam air banjir yang telah bercampur dengan kotoran sampah dan limbah lainnya, maka wajar saja jika banyak dari mereka mengeluh akan penyakit kulit yang dirasakan.

Pagi itu (27/01/21) Relawan Asar Humanity menggandeng 1 Dokter dan 2 Perawat serta beberapa anggota puskesmas setempat untuk memberikan pelayanan kesehatan pada penyintas banjir Kalimantan Selatan yang berlokasi di Ds. Penjambuan dan Ds. Lok Buntar, kecamatan Sungai Tabuk. Akses untuk mencapai lokasi tersebut belum bisa dilalui memakai kendaraan darat akibat jalanan masih terendam air banjir, maka kami bersama tenaga kesehatan mencapai lokasi dengan menggunakan jalur air memakai perahu karet yang dibantu oleh relawan gabungan Posko Peduli Bencana Kalimantan Selatan(P2B Kalsel).

Selain penyakit kulit, diare termasuk penyakit lain yang juga banyak ditemui oleh dokter, tapi dengan adanya pelayanan kesehatan gratis ini, penyintas jadi tidak terlalu khawatir akan penyakit yang menjangkit dalam dirinya, karena sudah ada tenaga kesehatan yang mengedukasi dan memberikan obat tertentu kepada penyintasnya.

Selain itu, tak lupa kami memberikan edukasi pentingnya memakai masker dalam rangka pencegahan terjangkitnya virus Covid-19 yang sedang meraja lela. Ucapan terimakasih  dan untaian doa kepada donatur banyak kami terima dari para penyintas di lokasi bencana banjir tersebut, semoga menjadi keberkahan untuk seluruh pihak yang terlibat dalam kebaikan ini, Aamiin.