Update Banjir Jakarta

AVIATION, Depok – Hari ini (18/2/21) wilayah sekitar Jakarta diguyur hujan hampir seharian, bahkan Tim Reaksi Analisis dan Kebencanaan (TREAK) PSTA-LAPAN mengeluarkan imbauan khusus warga yang berada di Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jadetabek). Imbauan khusus terkait dengan kewaspadaan bencana banjir besar pada 19 – 20 Februari 2021.

“Informasi tersebut juga dibuktikan oleh hasil prediksi Sadewa-LAPAN yang menunjukkan bahwa hujan ekstrem mulai terjadi di kawasan Jakarta sejak pukul 23.00 WIB dengan intensitas yang meluas dan memanjang hingga meliputi Bekasi, Depok, Tangerang bahkan hingga Karawang,” demikian imbauan TREAK dalam keterangannya, Kamis (18/2/21).

Sadewa adalah aplikasi sistem peringatan dini atmosfer ekstrem berbasis satelit dan model atmosfer yang dikembangkan litbang LAPAN.

Saat ini banjir telah merendam beberapa titik di Jakarta dengan kedalaman yang bervariasi bahkan hingga 1 meter. Camat Mampang Prapatan Djaharuddin mengatakan, beberapa wilayah yang banjir meliputi, Tegal Parang Utara, Kemang Utara XI, Pondok Karya, dan Jalan Bank, “Banjir disebabkan karena intensitas curah hujan yang tinggi dan luapan air Kali Krukut dan Mampang” Ujar Djaharuddin, saat dikonfirmasi siang ini.

Demi memberikan pelayanan terbaik Tim Asar Volunteer in Action (AVIATION) sedang bersiap dan bersiaga untuk merespon banjir yang terjadi di Jakarta. Mohon doanya, Info selanjutnya akan segera kami sampaikan, Terimakasih.