Update Banjir Jakarta : Kali Sunter Siaga 1, Banjir di Cipinang Melayu Setinggi Pinggang Orang Dewasa

AVIATION, Jakarta – Siang ini (19/2/21) Tim relawan Asar Humanity melanjutkan patroli bencana banjir di Jakarta, dari lokasi pertama di Pondok Karya, Pela Mampang yang laporannya saat ini telah surut, ke Kelurahan Cipinang Melayu, Kec. Makasar, Jakarta Timur.

Kali Sunter yang menjadi aliran terdekat dengan lokasi ini, infonya meningkat menjadi siaga 1 dengan tinggi muka air (TMP) 265 cm, data ini diunggah oleh Dinas Sumber Daya Alam (SDA) DKI Jakarta pada pukul 09.00 hari ini.

Karena luapan air kali Sunter tersebut, Kel. Cipinang Melayu ini digenangi air setinggi pinggang orang dewasa dan mengalir cukup deras dijalan perumahan dekat aliran kalinya.

Saat ini warga masih menetap di lantai atas rumah masing-masing, “Biasanya sih surutnya cepat jadi saya juga menetap di rumah kakak yang lebih tinggi” ucap Bu Lina warga setempat.

Walaupun begitu aparat telah bersiaga untuk menghadapi segala kemungkinan yang terjadi, seperti saat ini sudah banyak unit perahu milik BPBD dan aparat lainnya yang besiaga jika dibutuhkan evakuasi, dan BPBD bersama pemerintah setempat pun telah menyiapkan pos Pengungsian yang berada di Universitas Borobudur Jakarta Timur.