Pondok Gede Permai diterjang Banjir Akibat Tanggul Citarum Jebol, Warga Setempat Langsung di Evakuasi

AVIATION, Depok – Tingginya intesitas hujan yang dihimbau oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) beberapa hari yang lalu, membuat banyak sungai meluap dan akhirnya menimbulkan banjir dibeberapa wilayah sekitar Jabodetabek.

Luapan air sungai tersebut membuat banyak tanggul jebol, salah satunya adalah jebolan tanggul sungai yang melintasi wilayah Bekasi. Kasi Rehabilitasi, Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi, Hendra tanggul yang jebol mengakibatkan air tumpah ke perumahan warga. Ketinggian air di sekitar permukiman warga mencapai 1,5 meter.

Saat ini para warga di Pondok Gede Permai yang terdampak banjir akibat jebolnya tanggul Sungai Citarum itu sudah dievakuasi ke Gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kabupaten Bekasi. “Sudah diungsikan di gedung sarpras (sarana dan prasarana) BNPB dekat lokasi,” ujar Hendra saat dikonfirmasi Liputan6, Minggu (21/2/2021).

Selain itu Hendra menyebutkan, untuk pemulihan tanggul akan ditanggulangi langsung oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR).

Hari ini tim relawan Asar Humanity, kembali melanjutkan patroli bencana Banjir ke wilayah yang didapati laporan belum surutya air banjir di sekitar Jabodetabek. Mari terus berdoa untuk keselamatan saudara sebangsa, sekian info yang dapat kami sampaikan, Terimakasih.