Pasca Gempa Bumi Majene Sulawesi Barat, Masjid ini Hampir Rampung di Renovasi

AVIATION, Majene – Sebulan yang lalu tepatnya (15/1/21) Rakyat Indonesia mendapat kabar duka yang mendalam pada dini hari yang mana terjadi gempa bumi bermagnitudo 6,2 di Majene – Sulawesi Barat. Gempa ini akhirnya menyebabkan banyak korban jiwa, rusaknya unit bangunan dan fasilitas umum. ketika masjid ikut hancur akibat gempa, lalu dimana masyarakat bisa beribadah dengan nyaman? Dan dimana masyarakat bisa berkumpul untuk mengaji dan menjalin silaturahmi?.


Dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ بَنَى مَسْجِدًا لِلَّهِ كَمَفْحَصِ قَطَاةٍ أَوْ أَصْغَرَ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِى الْجَنَّةِ

“Siapa yang membangun masjid karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di surga.” (HR. Ibnu Majah no. 738. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih)

Dari hadits diatas Asar Humanity beritikad untuk merenovasi masjid Al-Hujurat, yang hancur akibat dilanda gempa bumi, Masjid ini bertempat di Dusun Tasukke, Ds. Lombang, Kec. Malunda, Kab. Majene – Sulawesi Barat, hari ini (23/2/21) proses pembangunan masjid ini sudah sampai ke tahap pengecetan tembok setelah batu bata tersusun rapih dan diplester agar bangunan masjid ini bisa berdiri dengan kokoh, “Masih ada kesempatan untuk ikut berkontribusi dalam pembangunan masjid Al-Hujurat, karena masih dibutuhkan keramik dan material bangunan lainnya untuk menyelesaikan pembangunan masjid ini” Ucap Daeng Hudayya dalam video di kanal Youtube Asar Humanity.

Selain itu Keutamaan membangun masjid ini juga termasuk yang ditunjukkan dalam makna firman AllahTa’ala tentang keutamaan besar bagi orang-orang yang memakmurkan masjid-masjid Allah, dalam firman-Nya:

{مَا كَانَ لِلْمُشْرِكِينَ أَنْ يَعْمُرُوا مَسَاجِدَ اللَّهِ شَاهِدِينَ عَلَى أَنْفُسِهِمْ بِالْكُفْرِ أُولَئِكَ حَبِطَتْ أَعْمَالُهُمْ وَفِي النَّارِ هُمْ خَالِدُونَ. إِنَّمَا يَعْمُرُ مَسَاجِدَ اللَّهِ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ وَأَقَامَ الصَّلاةَ وَآتَى الزَّكَاةَ وَلَمْ يَخْشَ إِلا اللَّهَ فَعَسَى أُولَئِكَ أَنْ يَكُونُوا مِنَ الْمُهْتَدِينَ}

“Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain Allah, maka merekalah yang termasuk golongan orang-orang yang selalu mendapat petunjuk (dari Allah Ta’ala)” (QS At-Taubah: 18).

Imam Ibnul Jauzi berkata: “Yang dimaksud dengan memakmurkan masjid (dalam ayat ini) ada dua pendapat:
1. Selalu mendatangi masjid dan berdiam di dalamnya (untuk beribadah kepada Allah Ta’ala)
2. Membangun masjid dan memperbaikinya

Maka harapannya masjid yang direnovasi oleh Asar Humanity ini bisa kembali menegakkan shaf-shaf ibadah yang dilakukan oleh masyarakat sekitar, Yuk bersama kita bantu sesama muslim dengan bersedekah jaariyah untuk renovasi masjid Alhujurat ini. Sekian dan Terimakasih.