Terjadi Ledakan hingga Langit Memerah Akibat Kilang Minyak di Indramayu Pada Dini Hari, Berrikut Kondisinya Saat Ini !

AVIATION, Depok – Dini hari (29/3/21) terdengar ledakan yang akhirnya viral melalui video yang diunggah oleh warga sekitar pada saat mendokumentasikan kejadian tersebut, Kebakaran ini terjadi pada Kilang Minyak milik PT Pertamina RU VI yang berada di Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Salah satu warga mengatakan bahwa api yang berkobar sangat tinggi itu terlihat hingga radius 5 Kilometer, bahkan mereka mendengar suara ledakan yang cukup keras dari kilang minyak tersebut. Akibat terjadinya kebakaran tersebut, ratusan warga di sekitar kilang minyak memilih mengungsi. Lokasi pengungsian tersebut antara lain adalah Pendopo Kabupaten Indramayu ( 300 Jiwa ), GOR Komplek Perum. Pertamina Bumi Patra ( 220 Jiwa ), Gedung Islamic Center ( 392 Jiwa ).

“Sesungguhnya, api sudah mengecil, kebakaran terisolir. Sudah diantisipasi dengan ditutup semua saluran minyak yang berpotensi merambat ke permukiman,” ujar Joni Takarasel Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Pemkab Indramayu saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (29/3) pagi.

Walaupun begitu update terakhir pada pukul 08:00 (29/3/21) terdapat laporan bahwa 5 Orang Luka Berat, 15 Orang Luka Ringan, dan 3 Orang Hilang. Selain itu kondisi apinya pun belum bisa dipadamkan dan kepanikan pun terjadi di sekitar lokasi kilang minyak PT. Pertamina, menanggapi kondisi tersebut, TRC BPBD berkoordinasi dengan TNI, Polri dan Basarnas setempat untuk mengevakuasi warga serta para pekerja ke tempat yang lebih aman.

Berdasarkan laman Pertamina, Kilang VI Balongan adalah kilang keenam dari tujuh kilang Direktorat Pengolahan PT Pertamina (Persero). Kegiatan bisnis utama di kilang ini adalah mengolah minyak mentah dari Duri dan Minas menjadi produk-produk BBM (Bahan Bakar Minyak), non BBM dan Petrokimia. Kilang ini mulai beroperasi pada 1994 dan terletak di Indramayu atau sekitar 200 km arah timur Jakarta.

Mari kita doakan saudara sebangsa agar terus dilindungi dan diberikan keselamatan oleh Allah SWT, Aamiin.