Sebentar Lagi Bulan Ramadhan, Yuk Persiapkan Hal – Hal Berikut Agar Semakin Berkah !

AVIATION, Depok – Tepat pada hari ini (30/3/21) Ramadhan akan segera tiba kurang dari 2 pekan lagi, tentunya bulan suci ini menjadi bulan yang paling ditunggu – tunggu oleh Ummat Islam, selain budaya yang menyemarakan ramadhan seperti trend ngabuburit, buka bersama, dll, bulan ini juga menjadi bulan yang ditunggu karena penuh ampunan dan waktu beribadah yang pahalanya dilipatgandakan. Disini kami akan memberikan beberapa tips agar lebih semangat dan menjadikan ramadhan penuh keberkahan, Yuk baca terus artikel ini.

1. Persiapkan Iman
Persiapan menjelang ramadhan yang paling dasar adalah mempersiapkan keimanan kita, salah ssatu caranya yaitu dengan menghindari hal – hal buruk, menjalankan kewajiban seperti shalat 5 waktu tepat pada waktunya, mempelajari Al – Qur’an dan juga menjalankan amalan sunnah seperti shalat dhuha, shalat tahajud, dan lainnya.

2. Persiapan Kekuatan Fisik
Sahabat Asar pastinya kita semua tidak tau kan masih bisa bertemu ramadhan di tahun depan atau tidak? Maka jangan sia – sia kan ramadhan tahun ini dengan meraih keutamaannya yang berupa ampunan dosa dan lipatan pahala. Untuk menggapai itu semua pastinya memerlukan fisik yang sehat agar ibadah kita bisa dilakukan secara maksimal. Maka dari itu mulailah mengurangi kebiasaan – kebiasaan yang kurang menyehatkan diri kita seperti begadang, memakan makanan yang kurang baik gizinya, lalu biasakan berolahraga bahkan bila perlu minum vitamin agar tubuh menjadi lebih fit, karena dengan fisik yang sehat kita bisa megamalkan banyak kebaikan di bulan ramadhan dengan penuh semangat.

3. Mempelajari Ilmu Agama
Tips berikutnya adalah mempelajari agama, yang dimaksud disini adalah mempelajari mengenai amalan apa saja yang dianjurkan dan yang tidak boleh dilakukan selama puasa ramadhan nanti, agar niat kita kelak sudah matang dan benar benar siap untuk menjalani ramadhan karena sudah memahami dasar – dasar amalannya. Hal ini bisa dilakukan dengan mengaji bersama ustadz/ustadzah atau membaca artikel di buku atau media online.

4. Persiapan Keuangan
Walaupun memang berbibadah tidak terlalu membutuhkan uang, tetapi banyak hal penunjang lain yang membutuhkan uang seperti mempersiapkan kebutuhan dapur selama bulan ramadhan, persiapan menyambut lebaran, dan beramal dengan memberikan sedekah kepada orang yang kurang mampu agar bisa ikut merasakan bahagianya bulan ramadhan, selain itu tak lupa kita juga harus menjalani kewajiban untuk menunaikan zakat agar membersihkan diri dan harta yang kita punya.

5. Membersihkan diri dan Lingkungan
Tips terakhir pada artikel kali ini yaitu mengenai kebersihan, pastinya sahabat asar sudah tau bahwa kebersihan itu sebagian dari iman, maka sebelum memasuki ramadhan yang penuh keberkahan, mari kita bersihkan diri kita dari segala dosa yang telah kita perbuat dengan memohon ampun kepada Allah SWT, juga membersihkan diri kita dengan merapihkan rambut, memotong kuku dan lainnya agar merasa lebih segar dalam menjalani ibadah nanti. Lingkungan juga perlu diperhatikan, selain membersihkan rumah dan sekelilingnya, masjid/musholla yang ada di dekat kita juga harus dibersihkan agar bisa nyaman dalam menjalani ibadah di bulan Ramadhan.

Mungkin hanya itu beberapa tips untuk menyambut ramadhan yang kurang dari 2 pekan lagi, semoga kita bisa merasakan indahnya bulan ramahdan yang penuh keberkahan dan mendapatkan ampunan juga lipatan pahala dari amalan – amalan baik yang kita buat. Nantikan artikel berikutnya yaaa !