Marak Ajakan untuk Membaca Surat Al – Kahfi di Hari Jum’at, Ternyata Ini Alasannya !

AVIATION, Depok – Selama pandemi Covid -19 sebagian besar manusia di muka bumi ini akhirnya dipaksakan untuk bisa beraktifitas dengan teknologi, dari mulai berkomunikasi, belajar mengajar, hingga rapat suatu perusahaan pun dilakukan melalui media digital, Media sosial seperti Instagram dan Whatsapp menjadi wadah yang paling banyak digunakan untuk berkomunikasi, baik dialog pertemanan maupun pesan – pesan yang disampaikan secara broadcast, Contohnya adalah pesan ajakan untuk membaca surat Al – Kahfi di hari Jum’at yang disampaikan oleh seseorang melalui broadcast media sosialnya, langkah ini banyak dilakukan oleh kaum muslimin sebagai ajang dakwah yang dijalaninya melalui media online, tapi apakah sahabat Asar Humanity tau alasan mengapa ajakan ini banyak kita temukan setiap hari jum’at? Yuk baca terus artikel ini !

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa haditsini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470)

Betapa sayangnya jika kita sebagai ummat Islam tidak mengetahui hal seperti ini, Hal yang mana sangat dianjurkan untuk dilakukan pada momen – momen tertentu dan memberikan kita pahala yang besar dari yang biasanya, Membaca surat Al – Kahfi dan mempelajarinya di malam Jum’at/pada hari Jum’at menjadi salah satu amalan yang mustahab (disukai/dianjurkan) karena banyak keutamaan yang terdapat pada amalan tersebut, antara lainnya disebutkan melalui hadits berikut ;

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ
“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.” (HR. Ad Darimi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6471)
مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ
“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470)

Keutamaan lainnya adalah ampunan dosa bagi yang membaca surat Al – Kahfi, Dari hadist Ibnu Umar R.A, berkata: “Siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.” (HR. Abu Bakr bin Mardawaih)

Semoga kita menjadi Ummat Islam yang selalu dilindungi oleh Allah SWT, dan selalu diberikan petunjuk untuk terus berbuat baik agar bisa berada di Surga-nya kelak, Aamiin Yaa Rabbal Alamin

Wallahu a’lam Bisshawab