Sembilan Jam diguyur Hujan, Kabupaten Bima direndam Banjir hingga 2 Meter

AVIATION, Depok – Sembilan jam hujan mengguyur Kabupaten Bima pada hari Sabtu kemarin (3/4), akhirnya membuat bendungan di 4 Kecamatan meluap sehingga menggenangi perumahan dan persawahan warga di 29 Desa, tercatat wilayah yang terdampak banjir tersebut adalah Kecamatan Madapangga, Kecamatan Bolo, Kecamatan Woha, dan Kecamatan Monta di Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat.

“BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Bima melaporkan dua warganya meninggal dunia akibat kejadian tersebut. Tercatat kurang lebih 9.245 KK atau 27.808 Jiwa terdampak” Ujar Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Raditya Dati di Jakarta, Kemarin Minggu (4/4).

Kabarnya banjir ini terjadi sekitar jam 15.00 WITA dengan Tinggi Mata Air (TMA) yang bervarian dari mulai 50 CM hingga 200 CM, Selain menelan korban jiwa dan berdampak kepada 27.808 Jiwa, Banjir ini juga merendam sekitar 9.245 unit rumah yang 12 diantaranya rusak, 4 jembatan terputus akibat derasnya aliran banjir tersebut, selain itu 294 hektar lahan pertanian dan 25 hektar lahan perikanan juga ikut terdampak.

Saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima terus berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan desa setempat untuk menurunkan personilnya dan memberikan bantuan yang berupa perahu karet, tenda, logistik sebagai bantuan awal. Selain itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima juga berkoordinasi kepada Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk meninjau perkembangan cuaca di wilayah tersebut.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pun memperkirakan terjadinya cuaca ekstrim berupa hujan lebat – sangat lebat, angin kencan dan gelombang yang tinggi di sebagian wilayah Indonesia pada periode sepekan kedepan, maka masyarakat dihimbau untuk terus waspada akan cuaca ekstrim kali ini.

Mari terus doakan kesalamatan saudara sebangsa, dan berikan bantuan terbaik untuk mereka yang saat ini sangat membutuhkan kita, semoga kita selalu berada dalam lindungan Allah SWT Aamiin yaa Rabbal ‘Alamin.