Malang diguncang Gempa Bumi Magnitudo 6,7: Terasa Hingga 17 Kabupaten/Kota di Jawa Timur

AVIATION, Depok – Gempa bermagnitudo 6,7 mengguncang Kabupaten Malang, Jawa Timur. Gempa ini dilaporkan terasa hingga 17 Kabupaten/Kota di Jawa Timur pada Sabtu (10/4) sekitar pukul 14.00 WIB.

“Laporan sementara dirasakan oleh masyarakat di 17 kabupaten/kota,” kata Pelaksana tugas Kepala Pelaksana BPBD Jatim, Yanuar Rachmadi, Sabtu (10/4).

Wilayah yang terdampak antara lain, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan, Kota Blitar, Kota Malang, Kota Batu, Kabupaten Blitar, Kabupaten Sidoarjo. Kemudian Kota Surabaya, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Madiun dan Kabupaten Tuban.

Di Kabupaten Malang, kata Yanuar, gempa tersebut dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat sekitar pukul 14.00 WIB. Para warga yang tengah beristirahat siang pun sampai terbangun.
“Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, Getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun,” ujarnya.

Tak hanya itu, kata Yanuar, meski berlangsung tidak lama, banyak barang berharga milik warga Kabupaten Malang rusak. Benda-benda tersebut terpelanting ketika gempa berlangsung.
“Di luar, oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela dan pintu berderik dan dinding berbunyi, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti,” katanya.

Lebih lanjut, Yanuar mengatakan bangunan dan rumah warga dilaporkan mengalami kerusakan. Saat ini pihaknya masih menghitung berapa jumlah rumah warga yang mengalami kerusakan.

       

“BPBD Jatim berkoordinasi dengan 38 kabupaten/kota untuk perkembangan terkait dampak yang ditimbulkan akibat gempa tersebut,” ujarnya.

Semoga tidak ada korban jiwa pada kejadian ini, Mari terus doakan keselamatan saudara sebangsa, dan ikuti gerakan kebaikan Asar Humanity untuk memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak gempa bumi Jawa Timur.

Sumber lain : CNN Indonesia, Kompas Regional