SEMERU KEMBALI ERUPSI, AKIBATNYA : WARGA PANIK MENYELAMATKAN DIRI

ASAR Humanity, Lumajang – Gunung Semeru kembali mengalami erupsi pada Kamis (16/12) sekitar pukul 09.00 WIB. Erupsi kali ini mengeluarkan Awan Panas Guguran (APG). Warga dan para Relawan yang sedang bertugas panik, berlarian mengevakuasi diri menjauhi titik lokasi erupsi ke tempat yang lebih aman.

Pada Erupsi kali ini, tampak terlihat Guguran Awan Panas membumbung tinggi ke langit. Terlihat jelas juga aliran lahar panas ke arah Sungai Besuk Sat, yang mengarah ke Dusun Kamar Kajang, dan Dusun Curah Kobokan, Lumajang – Jawa Timur.

Akibatnya, warga yang berada di 3 Dusun di evakuasi oleh petugas gabungan ke tempat yang lebih aman, dan segala aktivitas pencarian korban semeru oleh para Relawan serta petugas dari intansi terlibat di Gunung Semeru dihentikan sementara hingga waktu yang belum diketahui.

Hal tersebut dikuatkan oleh pernyataan Djati Cipto Kuncoro yang berada di posko relawan BMKG, selaku Kepala Stasiun Geofisika BMKG Tretes, “Semua tim rescue yang berada di titik lokasi Awan Panas Guguran (APG) untuk sementara waktu kami tarik mundur, mengingat erupsi kali ini terlihat cukup membahayakan”. Ucapnya.

Sahabat ASAR dimanapun berada, Mari kita doa’akan para pengungsi disekitar gunung semeru, begitupun relawan dan petugas lainnya, agar selalu berada dalam lindungan Allah, diberikan kesehatan dan kekuatan untuk pulih dari bencana Erupsi ini, Aaamiin Allahumma Aamiin.