Hampir Rampung! Pembangunan Pondok Pesantren Tahfidz Ar-Rasyid Ciloto Bersama ASAR Humanity

ASAR HUMANITY, CIANJUR – Proses pembangunan Pondok Pesantren Tahfidz Ar-Rasyid yang berlokasi di desa Ciloto, Cianjur – Jawa Barat. Telah mencapai tahap rampung dalam upaya pendirian dua bangunan dengan model Rumah Lumbung berlantai dua dan bergaya minimalis – klasik untuk para santrinya. Hal tersebut menyesuaikan dengan lingkungan sekitar pondok pesantren agar para santri dan pengajar merasa nyaman serta menambah semangat untuk menghafal Al-Quran.

Pondok Pesantren Tahfidz Ar-Rasyid Ciloto, merupakan pondok pesantren yang dibangun diatas tanah Wakaf seluas 3.500m2. Dikelola oleh Umi dan Abi Rasyid, dengan harapan para santri kelak menjadi sosok hafidz quran serta dapat menjadi pemimpin di berbagai cabang Pondok Pesantren Tahfidz Ar Rasyid. Dan juga, pondok pesantren ini diharapkan menjadi salah satu Pondok Tahfidz dan Training Center bagi seluruh cabang Pondok Pesantren Ar – Rasyid.

Pembangunan Ponpes Tahfidz Ar Rasyid sudah dimulai sejak Rabu (11/8/2021). Pondok Pesantren Tahfidz Ar-Rasyid sendiri dicanangkan dapat menampung 100 santri. Dengan konsep pendaftaran santrinya adalah dengan sedekah sesuai kemampuan para orang tua santri.

Asar Humanity turut membersamai dalam program Pondok Pesantren Tahfidz Ar-Rasyid Ciloto, yang didalamnya terdapat program pemberdayaan penguatan pangan, hal tersebut didukung dengan pemberian berbagai macam bibit tanaman sayur-mayur pada selasa (21/9). Kemudian, pada tanggal (6/10) Asar Humanity kembali untuk pembangunan Saung Santri. Tidak hanya sampai situ, Asar Humanity juga memberdayakan Pondok Pesantren Ar-Rasyid Ciloto dengan kolam ikan yang bisa menampung ribuan ekor untuk mendukung program ketahanan pangan di pondok, Asar Humanity mendistribusikan sebanyak 7000 bibit ikan Nila Bangkok beserta pakannya pada (17/10).

Progressnya, pada tahap pertama (11/8) kedatangan bahan material oleh para relawan Asar Humanity, dibuatkan Wire Sling Baja, dikarenakan terdapat kendala medan yang rumit dan untuk mengefisienkan waktu pendirian bangunan.

Pada tahap kedua, mulai pada penyusunan kerangka dan pendirian bangunan model rumah lumbung, terhitung sejak (21/10). Dan sampai saat ini, proses pendirian dua bangunan model rumah lumbung untuk Pondok Pesantren Tahfidz Ar-Rasyid sudah sampai tahap 90% rampung dan siap digunakan.

“Proses pembangunan saat ini berjalan lancar hanya dikendalai oleh curah hujan yang tidak menentu, sehingga menghambat beberapa proses pembangunan. Selain itu, sebagai bentuk antusiasme warga sekitar, mereka menanyakan kapan dibuka pendaftaran penerimaan santri”.

Terima kasih kami ucapkan untuk Sahabat ASAR dan donatur yang turut berkontribusi melancarkan pembangunan pondok pesantren ini, Asar Humanity selalu membersamai dan terbuka untuk berkolaborasi membangun program-program kebaikan. Semoga hal ini menjadi keberkahan dan pahalanya terus mengalir bagi setiap pihak yang terlibat. Aamiin Allahumma Aamiin.