ASAR Humanity Sigap Bedah Rumah pak Slamet

Hampir Roboh! ASAR Humanity Sigap Bedah Rumah Pak Slamet

ASAR Humanity, Lebak – Banten. Darurat, kami kembali membawa misi sosial, yakni dengan program Bedah Rumah, yang bertajuk ‘Membangun Kepedulian dan Berikan Kenyamanan’. Merupakan suatu program yang penerima manfaatnya adalah masyarakat prasejahtera dan rumahnya sudah tak layak huni karena berbagai faktor. Melalui ASAR Humanity, akan merenovasi dan membangun salah satu rumah masyarakat yang berlokasi di Kp. Cepak Hareno, Desa Kadudamas, Kec. Cirinten, Kab. Lebak – Banten.

Pada hari Minggu (19/12/2021), ASAR Humanity mendapat informasi tentang kondisi salah satu rumah dengan kondisi yang sudah hampir Roboh, hingga ditopang batang – batang pohon dan kayu dolken di sekeliling rumah bagian luar maupun dalam rumahnya, kondisi rumah tidak lagi kokoh dan tidak lagi aman serta nyaman sebagai tempat tinggal sehari-hari.

Mendengar kabar tersebut, ASAR Humanity langsung merespon sigap berangkat ke Lebak – Banten untuk Assessment tahap pertama dan pemberian bantuan awal berupa bahan sembako.

ASAR Humanity Bedah Rumah Pak Slamet

Dok. Foto : Tim Media ASAR Humanity. Rumah Pak Slamet Sebelum Dirobohkan.

 

Rumah Pak Slamet di Bedah oleh ASAR Humanity

Dok. Foto : Media ASAR Humanity – Tampak depan rumah pak Slamet.

Kondisi seperti itu dirasakan kurang lebih 3 tahun lamanya oleh keluarga bapak Slamet, sudah beberapa kali di assessment oleh pihak pemerintah dan pengajuan proposal untuk program bedah rumah, akan tetapi hampir 2 tahun lebih belum juga ada tindak lanjut untuk perbaikan rumah sampai saat ini, akhirnya warga di sekitar rumah tersebut yang di inisiasi oleh Bapak Ahmad Baidawi berinisiatif untuk memperbaiki rumah tersebut, sebagian dana sudah terkumpul dari penggalangan dana. Dengan kondisi rumah yang tidak lagi bisa di renovasi, maka akan dilakukan Perombakan total yang insya Allah akan dilaksanakan pada hari Rabu, 22 Desember 2021, pemilik rumah akan diungsikan sementara di rumah bapak Marta selaku RT setempat yang jaraknya 15 meter.

Rumah Pak Slamet tak Lagi kokoh untuk ditempati. ASAR Humanity Sigap Bedah Rumah nya

Dok. Foto : Media ASAR Humanity. Rumah pak Slamet penuh Sanggahan Kayu.

 

ASAR Humanity Sigap ke Lebak - Banten Renovasi rumah Pak Slamet

Dok. Foto : Media ASAR Humanity. Tampak dalam rumah pak Slamet.

 

Keluarga pak Slamet, Lebak-Banten

Dok. Foto : Media ASAR Humanity. (kiri) Ketua RT  bapak Marta, (tengah) Anggi, (kanan) Ibu Jumenah.

 

Didalam rumah sederhana itu, ternyata di tempati 1 KK, Pak Slamet (50th) dan Ibu Jumenah (52th), kemudian dan ketiga anak laki-lakinya, masing-masing berumur (14th), (16th) dan (21th). Sehingga total penghuni rumah ada 5 orang. Pekerjaan pak Slamet sehari-hari adalah sebagai buruh tani serabutan, istrinya bekerja sebagai ibu rumah tangga.

Ibu Jumenah, menceritakan kepada tim ASAR Humanity, bahwa merasa sangat khawatir dan takut bila musim penghujan datang dan disertai angin kencang, khawatir rumah beliau benar-benar roboh, karena tidak ada biaya untuk merenovasi apabila roboh.

Jarak tempuh menuju rumah pak Slamet ini sangat jauh dari kantor ASAR Humanity, dan medan perjalanan cukup sulit, dikarenakan jalannya yang berkelok-kelok, kemudian hanya satu ruas jalur kendaraan di daerah pedesaannya.

Progres pembangunannya tahap pertama dimulai pada Rabu (22/12), telah dilakukan perobohan dan pemilihan bahan bangunan seperti: genteng, kayu dolken, kayu jati, dll yang masih layak digunakan kembali. Warga sekitar rumah pak Slamet sangat antusias dalam membantu pembongkaran dan pendirian kembali rumah pak Slamet.

Setelah berkoordinasi dengan tukang bangunan untuk melakukan perobohan, akhirnya proses pembangunan dilanjut pada hari itu juga dengan melakukan penggalian dan pemasangan batu untuk Pondasi bangunan, sebagian bahan material yang sudah disiapkan sebelumnya seperti Pasir, Semen dan Hebel dapat langsung digunakan pada hari itu juga.

Progress tahap kedua dilakukan pada Sabtu (25/12) lalu, setibanya tim ASAR Humanity di lokasi, langsung tertuju kepada bapak Marta dan bapak Ahmad Baidawi untuk bertanya progress pembangunan. Relawan ASAR, Anggi bertanya “Oh iya pak, proses saat ini sudah sampai tahap apa?”, bapak Marta selaku RT penanggung jawab para tukang menjawab “Iya mas tahapnya saat ini sudah selesai pendirian batu pondasi dan pemasangan batu hebel, ”, ujarnya.

ASAR Humanity datang kembali ke rumah pak Slamet untuk melakukan reportase pembangunan. Diketahui dari percakapan tersebut, bahwa proses pendirian pondasi dan batu hebel sudah rampung dilakukan. Relawan kami, Anggi bertanya kembali “Kira-kira proses pembangunan ini memakan waktu berapa lama ya pak?”, pak Marta menyahut “Untuk prosesnya ya mas, perkiraan kami memakan waktu ±14 hari lamanya, tergantung dari kondisi cuacanya” sahut beliau.

Proses terakhir saat Tim ASAR Humanity berkunjung adalah sedang dalam pembuatan kerangka bangunan dari sisa-sisa robohan kayu jati dan kayu lainnya yang masih layak pakai. Tim ASAR Humanity juga turut membelanjakan Asbes 32 Lembar dan Karpet 11 Meter sesuai kebutuhan yang dipinta tukang. Sehingga, ada kemungkinan lusa kerangka bangunan dari kayu-kayu akan didirikan dan pemasangan asbes.

Ibu Jumenah juga turut mengungkapkan rasa syukurnya dan terima kasih atas adanya bantuan program Bedah Rumah yang diadakan oleh ASAR Humanity. Beliau tidak menyangka jika rumahnya akan direnovasi setelah sekian lama menunggu tanggapan dari pemerintah setempat.

Ibu Jumenah berharap dukungan dan doanya dari Sahabat ASAR, agar proses pendirian bangunan rumahnya dapat berjalan lancar tanpa ada kendala. Aamiin.

Kami mengajak Sahabat ASAR di manapun berada untuk turut berkolaborasi dalam misi kebaikan, Bangun Satu Rumah – Bangun Satu Istana Di Syurga.

🏠 Program Bedah Rumah 🏡

Berikan bantuan Terbaikmu untuk Pak Slamet dan Ibu Jumenah melalui :

💳 BSI # 741 476 3895
💳 Mandiri # 1330 0220 20 200.
A.n ASAR Humanity.

Ikuti Update terbaru dari ASAR Humanity melalui instagram @asarhumanity .