Belasan Kecamatan di Aceh Utara Terendam Banjir, Menyebabkan 2.500 Lebih Warga Mengungsi

ASAR Humanity, Lhoksukon – Curah hujan tinggi yang terjadi sejak Sabtu (1/1), menyebabkan Lhoksukon, Aceh Utara terendam banjir sejak tiga hari lalu. Sebelumnya, pada Jumat (31/12) 28 desa di Aceh Utara terendam banjir setelah hujan yang mengguyur kawasan Aceh Utara dari Kamis (30/12) malam sampai Jumat (31/12) siang.

 

Kondisi ini menyebabkan hingga sembilan kecamatan terendam. Setelah hujan lagi, pada Minggu (2/1/2022), kecamatan terdampak banjir kembali bertambah lagi, menjadi 13 kecamatan yang terendam.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara menyatakan, Kecamatan Langkahan, Cot Girek, Lhoksukon, Syamtalira Aron, Matangkuli, Pirak Timu, Tanah Luas, Samudera, Geureudong Pase, Kuta Makmur, Nisam Antara, Sawang, Banda Baro dan Dewantara.

 

Dari 13 kecamatan tersebut yang terendam, empat kecamatan yang terparah dengan ketinggian air capai satu meter lebih, yaitu Matangkuli, Pirak Timu, Tanah Luas, Lhoksukon dan Langkahan.

 

Beberapa sungai di kawasan itu meluap dan waduk jebol, mengingat curah hujan yang sangat tinggi. Banjir juga merendam jalan lintas nasional Banda Aceh-Medan di tengah pusat ibu kota Kabupaten Aceh Utara, Lhoksukon. Ratusan kendaraan terjebak macet dan mogok di lokasi itu.

Bahkan sekarang ribuan rumah sudah terendam banjir, sehingga mengakibatkan ratusan kepala keluarga harus mengungsi ke meunasah, balai pengajian, rumah tetangga dan tempat lainnya yang lebih tinggi serta aman.

 

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari mengatakan, banjir menyebabkan 2.751 atau 769 KK mengungsi,” kata Abdul melalui keterangan tertulis.

 

Abdul mencatat, sebanyak 19.361 jiwa atau 6.274 KK terdampak banjir tersebut. Sementara itu, 6.274 unit rumah dan 1 lainnya rusak ringan.

 

Kami mengajak Sahabat ASAR untuk mendoakan sanak saudara kita yang terdampak banjir di Aceh Utara, agar selalu dalam lindungan Allah, diberi ketabahan dan kesabaran, serta diberi keselamatan, aamiin.