Sayyidul Istighfar yang Jarang Diketahui

Hanya dengan Istighfar, Derajat Orang Tua Terangkat

Asar Humanity, Depok – Setiap individu manusia tak luput dari yang namanya kesalahan dan kekhilafan dalam kehidupan sehari-hari. Maka, sangatlah penting untuk manusia terus beristighfar atau meminta ampunan Allah SWT. Memperbanyak istighfar adalah cara diri kita agar mendapatkan ampunan dan kembali kepada jalan yang di ridhai Allah SWT.

 

Selain itu, istighfar mengandung banyak keutamaan, selain memohon ampunan kepada Allah. Banyak sekali manfaat istighfar lainnya, sehingga manusia selalu dalam hidayah dan mendapatkan petunjuk dari Allah SWT.

 

Ketahuilah Sahabat ASAR, walaupun dosa-dosa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah diampuni dan dijamin masuk surga, namun beliau shallalahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling banyak beristighfar di setiap waktu. Para sahabat telah menghitung dalam setiap majelisnya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam terlihat paling banyak beristighfar.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وَاللَّهِ إِنِّى لأَسْتَغْفِرُ اللَّهَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ فِى الْيَوْمِ أَكْثَرَ مِنْ سَبْعِينَ مَرَّةً

Demi Allah. Sungguh aku selalu beristighfar dan bertaubat kepada Allah dalam sehari lebih dari 70 kali.” (HR. Bukhari)

Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,

يَا أَيُّهَا النَّاسُ تُوبُوا إِلَى اللَّهِ فَإِنِّى أَتُوبُ فِى الْيَوْمِ إِلَيْهِ مِائَةَ مَرَّةٍ

Wahai sekalian manusia. Taubatlah (beristigfar) kepada Allah karena aku selalu bertaubat kepada-Nya dalam sehari sebanyak 100 kali.” (HR. Muslim)

Adapun bacaan istighfar yang umum lazim diucapkan adalah : “Astaghfirullahal’adzim Alladzi La Ilaha Illa Huwal Hayyul Qayyumu wa Atubu Ilaihi”.

Bacaan Arab Tulisan Istighfar

Artinya: “Aku mohon ampun kepada Allah yang tiada tuhan (berhak disembah) kecuali hanya Dia, Dzat Yang Maha Hidup Kekal dan Dzat Yang Maha Berdiri Sendiri, dan saya bertaubat kepada-Nya.”

 

Istighfar juga bisa melapangkan rezeki, menambah kekuatan dalam menghadapi hidup, memudahkan segala urusan, mengangkat derajat kedua orang tua kita di akhirat serta menenangkan hati. Hal ini berdasarkan hadits,

Sahabat yang mulia Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu menuturkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda:

إِنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ لَيَرْفَعُ الدَّرَجَةَ لِلْعَبْدِ الصَّالِحِ فِيْ الْجَنَّةِ فَيَقُوْلُ : يَا رَبِّ أَنىَّ لِيْ هَذِهِ ؟ فَيَقُوْلُ : بِاسْتِغْفَارِ وَلَدِكَ لَكَ

“Sungguh, Allah benar-benar mengangkat derajat seorang hamba-Nya yang shalih di surga,” Maka ia pun bertanya: “Wahai Rabbku, bagaimana ini bisa terjadi?”. Allah menjawab: “Berkat istighfar anakmu bagi dirimu”. (Hadits shahih. HR. Ahmad, no. 10232).

Istighfar di sini maksudnya permohonan ampunan kepada Allah Ta’ala dari seorang anak buat orangtuanya dalam bentuk doa.

 

Adapun dalil dari Sunnah Rasul shallallahu’alaihi wasallam yang menunjukkan bahwa memperbanyak istighfar merupakan salah satu kunci ketenangan hati, suatu hadits yang berbunyi:

“Barang siapa memperbanyak istighfar, niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka” (HR. Ahmad dari Ibnu Abbas dan sanadnya dinilai sahih oleh Al-Hakim serta Ahmad Syakir).

Sayyidul Istighfar

Adalah istighfar terbaik, puncaknya istighfar, paling tinggi, dan istimewa dari segala zikir istighfar yang ada. Istighfar adalah memohon ampun dan bertobat atas segala perbuatan yang dilakukan.

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

طُوْبَى ِلمَنْ وَجَدَ فِي صَحِيْفَتِهِ اسْتِغْفَارًا كَثِيْرًا

“Sungguh beruntung seseorang yang mendapati pada catatan amalnya istighfar yang banyak.” (HR Ibnu Maajah nomor 3818, dan dishahihkan oleh Syekh Al-Albani rahimahullah)

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barang siapa yang pagi harinya membaca sayyidul istighfar kemudian dia meyakini isinya dan mati sebelum masuk Ashar, maka dia pasti akan masuk surga. Adapun siapa yang membaca di sore hari kemudian dia mati sebelum habis waktu malam maka dia akan masuk surga.” (HR Bukhari)

Sayyidul Istighfar

Berikut ini Bacaan Sayyidul Istighfar (istighfar terbaik) Latin beserta artinya :

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ ، لَا إِلٰـهَ إِلَّا أَنْت

Allaahumma anta rabbii, laa ilaaha illaa anta

“Ya Allah, Engkau adalah Rabbku, tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Engkau.”

خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ

Khalaqtanii wa ana ‘abduka wa ana ‘alaa ‘ahdika

“Engkau yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian untuk taat kepada-Mu.”

وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ

Wa wa’dika mas tatha’tu

“Dan janji balasan-Mu sesuai dengan kemampuanku.”

أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ

A‘udzubika min syar-ri maa shana’tu

“Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku.”

أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ

Abuu-u laka bini’matika ‘alayya

“Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku.”

وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِي

Wa abuu-u bidzambii faghfirlii

“Dan aku mengakui dosaku kepada-Mu, maka ampunilah aku.”

فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ

Fa-innahu laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta.

“Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau.” (Muttafaq ‘alaih)

“Imam Al Bukhari dalam judul bab ‘Istighfar yang Paling Utama’ di kitab shahihnya, menunjukkan bahwa ini adalah lafadz istighfar terbaik. Jika kita perhatikan makna dari istighfar ini, ada banyak ungkapan yang menunjukkan kerendahan hati kita di hadapan Allah dan pengagungan kepada Allah semata. Kita merendahkan diri sebagai hamba dan memuji Allah Yang Maha Sempurna Sifat-Nya”.

Sungguh luar biasa ya Sahabat ASAR manfaat dari Istighfar dan Sayyidul Istighfar, yuk berlomba-lomba memperbanyak istighfar. Agar berbagai manfaat luar biasa lainnya dapat kita peroleh. Aamiin Allahumma Aamiin 🙂